Sakit perut adalah rasa sakit atau nyeri yang muncul di perut, yaitu area di bagian depan tubuh antara tulang iga dan tulang panggul. Seseorang yang mengalami sakit perut dapat merasakan kram, mulas, atau sensasi seperti tertusuk di perut.

Lalu bagaimana dengan sakit perut setelah sarapan pagi ? berikut penyebabnya

  1. Sakit Maag

    Sakit maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut, seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas, serta kembung. Gejala ini paling sering terjadi selama atau beberapa saat setelah makan.
    Nyeri akibat sakit perut bisa mulai yang ringan atau berat, muncul dan hilang secara tiba-tiba, serta bisa terjadi dalam waktu singkat atau lama. Sakit perut sering kali dipicu oleh gangguan pada organ dalam perut, seperti lambung, pankreas, empedu, hati, limpa, usus, dan ginjal.
  2. Penyakit Asam Lambung

    Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu.Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak. Gejala penyakit pada lambung ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada.
  3. Tukak Lambung

    Tukak lambung adalah luka pada lambung yang menyebabkan keluhan sakit maag, seperti nyeri ulu hati, kembung, dan mual. Kondisi ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Namun, jika penanganannya terlambat, komplikasi yang berat bisa terjadi.
    Lambung memiliki lapisan mukus yang berfungsi untuk melindungi jaringan lambung dari asam lambung. Tukak lambung terjadi ketika lapisan mukus tersebut terkikis dan asam lambung langsung mengenai jaringan lambung.
  4. Sindrom Iritasi Usus Besar

    Sindrom iritasi usus besar adalah kumpulan gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan. Beberapa gejala yang bisa timbul akibat kondisi ini adalah sakit atau kram perut yang berulang, kembung, diare, atau sembelit. Sindrom iritasi usus besar merupakan kondisi jangka panjang yang bersifat kambuhan.
    Sindrom iritasi usus besar lebih sering dialami oleh wanita dan biasanya terjadi pada orang berusia di bawah 50 tahun. Munculnya gejala IBS bisa dipicu oleh beragam hal, termasuk stres, konsumsi makanan dan minuman tertentu, sampai perubahan hormonal, misalnya saat menstruasi.

Nah Oniners sudah taukan penyebabnya apa aja, lalu ada beberapa tips nih buat kamu yang sering mengalaminya.

  • Makanlah secara rutin dan teratur
  • Makanlah dengan porsi kecil dan frekuensi yang lebih sering
  • Hindari makanan-minuman yang dapat mengiritasi saluran cerna seperti makanan asam, pedas, berlemak, kopi, teh pekat, alkohol, dsb
  • Tingkatkan konsumsi air putih, minimal 2-3 liter perhari

Nah sekarang udah ngertikan apa yang harus di lakuin supaya tetep bisa sarapan pagi tanpa sakit perut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

ONINE 93 FM